Sunday, January 3, 2010

Diklat jurnalistik yang menarik

Sebenernya males-malesan ikut acara ini, ketara dari niat saya sebelum tidur "kalau besok bangunnya kesiangan, berarti gw ga ikut diklat jurnalistik itu". Saya pasang alarm di HP jam 6.00 dan alarm itu pun ga ngaruh sama sekali, sampai akhirnya si Kebod telfon sekitar jam 7.00-an. Dia curhat kalau FB cowonya diacak-acak orang yang tidak jelas (cewe/cowo/keduanya), tidak bertanggung jawab, dan tidak berprikemanusiaan (ga pernah tau pancasila kayanya tu penjahat). Dari yang namanya bener-bener ngantuk sampe bener-bener meleek, pagi-pagi disuguhin rumpi..Woman!! Tapi saya turut berduka cita dan mengutuk orang-orang yang dapat merugikan sesama pengguna FB (FYI, saya udah deactive FB karna alasan tertentu, tapi bersifat temporary ko). Pembunuhan Karakter!!!!
Selsey telfonan, saya langsung mandi dan siap-siap pergi ke acara Diklat Jurnalistik itu.[Ternyata Allah tidak membiarkan saya membuang ahad saya ini dengan percuma]. Sampai disana (Aula Ibnu Khaldun, di kampus saya) ternyata udah rame euy... Acara dimulai pada jam 8.30. Dan Pembicara baru datang jam 9.00. Boim Lebon "penulis serial lupus" pembicara sesi pertama. Orangnya Humoris, beda jauh dari penampilannya yang kalau lagi duduk tanpa senyum. Kalau udah ngomong, sama aja kaya ngocok perut pendengarnya. Bener-bener dibuat ngakak. Ga heran kalau Lupus jadi bacaan wajib pada masanya, ngilangin Bete! (belum ada yang ngalahin kocaknya Boim dan Hilman, I guess).
Dia bilang, menulis itu paling gampang kalau berkaitan dengan pengalaman pribadi, walau banyak dimodif maka akan menghasilkan karya fiksi yang dapat dirasakan oleh pembaca. Ternyata tulisan-tulisan dia itu ga sedikit yang asalnya dari pengalaman dia atau orang sekitar. Intinya do with your heart.
Nah pembicara kedua itu Koko Nata "FLP Pusat", dia sharing gimana caranya membuat suatu tulisan dari pertama hingga selsai, dari mulai tujuan, target, timeline. Dan dia nantangin kita-kita untuk buat cerpen dalam satu bulan, kalau bagus bisa dibukukan, jadi kumpulan cerpen gitu. Hemmm...gw kurang tertarik, tapi kalau bisa kenapa engga???Hhe..
Intinya, hari ini bener-bener ada manfaatnya.Ga nyesel ngelangkahin kaki ke kampus (sampe mamah nanya "tumben ke kampus? hari biasa aja males..") Jadi lebih semangat lagi untuk ngeBlog.*padahalbelumtentuadayangbaca
Semua orang bisa menulis, jangan pedulikan apa kata orang, tulis apa aja yang bisa ditulis!!!

udah maleeem nih...bobo yuuk..(-.-) Gudnite People!!!

No comments: