Monday, September 28, 2009

Logika VS Emosi

Dimulai dari gejala yang fitrah dari seorang manusia. Kangen . Akhirnya gw sms salah seorang sahabat dan curhat deh sama dia. Dia tau semua cerita tentang orang yang gw kangenin itu, dan dia nanggepin curhat gw itu
" Knp? Lu kangen? Tapi lu di anugrahi logika juga khan.".
Singkat banget tanggepannya. gw bales lagii..
"gw ga mw kalau emosi sampe ngalahin logika gw, pasti banyakan ruginya. Tapi perempuan cenderung lebih pake feeling dibanding laki-laki yang lebih mengedepankan logika"
Dia jawab
"Gw juga laki-laki, dan klw perasaan gw gundah, mw ngadu ke syp lagi selain kepadaNya? Yang menggenggam hati gw"
Hemmm....bener juga...
replay lagii..
"Allah ga pernah melupakan hambaNya, tapi hambaNya sendiri yang terkadag suka melupakanNya. Ampun Yaa 'Affuw"
sms-sms selanjutnya ga usah di bahas lah yia..

Dari situ gw berfikir, manusia itu hidup diantara hitam dan putih, kiri dan kanan, kaya dan miskin, serta baik dan buruk. Nah..yang paling berat itu antara Logika dan Emosi.
Kalau udah kesitu, kadang kita lupa untuk memilih. Perempuan cenderung pake emosi, sedangkan laki-laki cenderung mengedepankan logika. Sebenernya Logika dan Emosi itu apa sih?
Emosi itu sesuatu yang timbul dibawah alam sadar kita terhadap sesuatu. Emosi ada yang positif (cinta,bahagia, sayang) ada juga yang negatif (marah, sedih, benci). tapi dari beberapa emosi yang ada, udah banyak banget keajaiban yang terjadi. Contohnya, org yang lagi ketakutan dikejar-kejar anjing, bisa ngelompatin solokan yang lebaaar banget, padahal menurut logika, itu ga khan bisa. Bangunan Megah nan Mewah Tajj Mahal dibangun atas dasar cinta. Kalau dibilang emosi itu ngalahin logika, bakal terjadi sesuatu yang ajaib dan besar banget tergantung emosi apa yang kita rasain.
Sedangkan logika itu penuh dengan pemikiran dan peertimbangan alam sadar kita.

Emosi jiwa yang gw rasain sekarang ini bakal bener-bener ngerugiin waktu dan fikiran gw. Logika yang sahabat gw maksud itu supaya gw mikir dan tidak bertindak sesuai emosi yang hasilnya bakal ngerugiin dan buat gw nyesel nantinya. Walaupun gw perempuan yang katanya lebih mengedepankan emosi, tapi pada dasarnya manusia itu tugasnya memilih. Manusia, bukan laki-laki atau perempuan.


No comments: